Friday, January 29, 2010

Reformasi Birokrasi menuntut Peningkatan Kinerja PNS

Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro, Kamis (28/1), memberikan arahan kepada anggota Korpri Kementerian Pertahanan. Hadir pada pengarahan Menhan kepada anggota Korpri Kementerian Pertahanan, yang terdiri dari PNS yang berdinas di Kementerian Pertahanan, UPN Veteran, Mabes TNI dan Mabes Angkatan. Menhan menyampaikan bahwa pada tahun 2010 ini Kementerian Pertahanan merupakan salah satu dari sembilan instansi Pemerintah Pusat yang harus melakukan reformasi birokrasi. Menurutnya terdapat kriteria-kriteria yang harus dipenuhi dalam rangka reformasi birokrasi yaitu dengan adanya indikator kinerja. Dan diharapkan kinerja staf Kementerian Pertahanan dapat meningkat seiring diberikannya tunjangan kinerja.

Dijelaskan Menhan bahwa dalam melakukan reformasi birokrasi, akan dilakukan pula reorganisasi Kementerian Pertahanan yang nantinya ada satu Pejabat Eselon II yang khusus menangani PNS. Hal ini dapat diartikan adanya perhatian dari Pemerintah bahwa dibutuhkan khusus satu pejabat yang menangani 60 ribu orang PNS Kementerian Pertahanan yang berdinas di Kemhan, Mabes TNI dan Mabes Angkatan.

Menhan melanjutkan, pertemuan antara anggota Korpri Kemhan dan Menhan ini digunakan untuk saling bertukar pikiran demi kemajuan instansi, karena suksesnya seorang pimpinan merupakan hasil kerja keras para anggotanya. Selama ini Menhan berusaha mendapatkan masukan-masukan dalam pelaksanaan kebijakan-kebijakan, dari level bawah. Karena setiap kebijakan dari pimpinan baik itu Eselon I atau II merupakan hasil pemikiran dan kinerja dari eselon yang ada dibawahnya.

Menhan juga mendukung disusunnya “grand design” PNS Pertahanan yaitu menyusun konsep pembangunan SDM PNS Pertahanan. Dan Menhan menyarankan untuk melakukan pertemuan informal yang juga akan dihadirinya untuk menyusun hal tersebut.

Menanggapi mengenai laporan kegiatan Korpri Kemhan dari Ketua Unit Nasional Korpri Kementerian Pertahanan, Drg. S W Pujiastuti, MM, Menhan Purnomo meminta untuk tetap meneruskan kegiatan-kegiatan yang selama ini diadakan terutama dalam kegiatan-kegiatan sosial. Karena kegiatan sosial tidak akan cukup hanya dilakukan oleh instansi pemerintahan yang berkepentingan saja. Karena itu, uluran tangan dari seluruh anggota sangat diharapkan dapat membantu.

Dalam laporannya Ketua Unit Nasional Korpri Kemhan menjelaskan bahwa temu muka Menhan dengan anggota Korpri ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi PNS. Hal ini bertujuan agar tercapai kinerja yang optimal guna mendukung tercapainya pelaksanaan reformasi birokrasi di Kementerian Pertahanan. Temu muka ini dihadiri 312 orang anggota Korpri Kemhan, dan Pejabat Eselon I dan II Kemhan.

No comments: